13 April 2011

DARAH PERJANJIAN

Markus 14:24
“Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang.” (TB)
“Ia berkata kepada mereka, "Inilah darah-Ku, yang ditumpahkan bagi orang banyak dan yang memeteraikan perjanjian baru antara Allah dengan manusia” (FAYH)
“And He said to them, "This is My blood of the new covenant, which is shed for many.” (NKJV)
Ini adalah perkataan Kristus dalam malam perjamuan terakhir bersama murid-murid-Nya sebelum Ia di salibkan. Malam itu dalam perjamuan yang penuh dengan percakapan hanya Yesus yang mengetahui apa yang terjadi dengan diri-Nya beberapa jam kemudian. Murid-murid menganggap bahwa malam itu adalah malam Paskah yang sudah menjadi kebiasaan mereka seperti yang pernah mereka lalui bersama dalam tahun-tahun sebelumnya. Namun tidak bagi Yesus, malam itu adalah malam terakhir untuk menentukan nasib seluruh manusia. Di malam perjamuan itu Yesus mengatakan satu ucapan kepada murid-murid-Nya ketika Ia mengangkat cawan anggur, “Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi orang banyak.” Ada satu kalimat Yesus yang begitu dalam maknanya bagi kehidupan manusia, yaitu “Darah Perjanjian.” “Darah perjanjian” yang ditumpahkan bagi banyak orang. Perkataan ini sebenarnya pernah juga diungkapkan oleh Nabi Musa dalam Keluaran 24:8, “Kemudian Musa mengambil darah itu dan menyiramkannya pada bangsa itu serta berkata: "Inilah darah perjanjian yang diadakan TUHAN dengan kamu, berdasarkan segala firman ini.” Darah telah menjadi sebuah simbol perjanjian antara TUHAN dengan Manusia. Dalam Perjanjian Lama telah terjadi Perjanjian antara ALLAH dan Bangsa Israel sebagai umat-Nya. Pada masa Perjanjian Baru Darah juga telah menjadi sarana penebusan manusia dari dosa untuk membaharui perjanjian antara ALLAH dan manusia. Darah Kristus tercurah bagi kita semua untuk memberikan pengampunan dosa serta keselamatan. Kematian-Nya di kayu salib menetapkan suatu perjanjian yang baru di antara Allah dan semua orang yang menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. Darah Kristus adalah perjanjian baru yang dijanjikan dalam Yeremia 31:31-34. Hal ini jelas menggambarkan bahwa kematian Yesus bersifat menggantikan kedudukan orang yang berdosa. “kadang-kadang kematian Kristus dianggap sebagai korban (mis. Darah perjanjian). Tapi kalau ayat-ayat ini disimak dengan lebih teliti maka yang ditujukakannya adalah bahwa kata-kata ini dipakai dengan arti yang sama dalam PL. Jadi korban-korban mencapai maksudnya oleh karena kematian korbannya. Dengan demikian darah Kristus harus diartikan sebagai kematian yang mendamaikan oleh Juruselamat (Ensiklopedi Alkitab “Darah” :236).” Darah perjanjian itu telah tertumpah 2000 tahun yang lalu – darah itu juga yang telah menyucikan kehidupan kita dari dosa dan menjauhkan kita dari gerbang maut. Darah Yesus menjadi darah perjanjian yang memateraikan kita sebagai milik Kristus. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin belajar bahasa Yunani, terlebih dahulu anda harus memiliki font Yunani di dalam PC/Laptop anda untuk dapat membaca tulisan, kalimat, dan kata-kata di dalam konten "Belajar Yunani".
Font Yunani dapat anda download di :

Jika anda ingin belajar Ibrani silahkan download font Ibrani di :