05 Oktober 2011

PRESENT INDIKATIF AKTIF


PRESENT INDIKATIF AKTIF


"Dalam Konten Bahasa Yunani di blog ini terdapat kata-kata Yunani, jika PC/Komputer anda tidak dapat membacanya, maka anda perlu mendownload dan mengaplikasikan font Yunani pada PC anda agar bisa melihat tulisan Yunani yang dimaksudkan dalam artikel-artikel Yunani di blog ini. Jika tidak anda tidak dapat mempelajari artikel ini dengan baik. GBU"
 
Tense Present Indikatif Aktif dalam bahasa Yunani lebih menunjuk kepada sesuatu yang sedang dilakukan saat ini.
Saya akan memberikan contoh dari rumus Present Indikatif Aktif menggunakan kata Blepw yang berarti saya melihat.
Tunggal
Blepw          Saya Melihat
Blepeiς      Engkau Melihat
Blepei     Dia melihat
Jamak
Blepomen   Kita/Kami Melihat
Blepete     Kamu Melihat
Bleposin      Mereka Melihat
Hampir sama dengan kata kerja yang lain, hanya pada present indikatif aktif, kita hanya perlu melihat perubahan pada akhir dari suatu kata.  Kita hanya perlu menghafalkan akhiran-akhiran dari setiap bentuk baik tunggal maupun jamak.  Dengan demikian kita tertolong untuk mengetahui jenis kata kerja dan jumlahnya.
 Blep + w
 Blep + eiς
 Blep + ei
JJJjjJadi kata Blepw hanya perlu di tambahkan dengan akhiran-akhiran dari kata kerja present indikatif aktif.  Dengan menghilangkan huruf w dan menambahkan akhiran sesuai dengan rumus di atas, maka terbentuklah kata kerja present indikatif aktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin belajar bahasa Yunani, terlebih dahulu anda harus memiliki font Yunani di dalam PC/Laptop anda untuk dapat membaca tulisan, kalimat, dan kata-kata di dalam konten "Belajar Yunani".
Font Yunani dapat anda download di :

Jika anda ingin belajar Ibrani silahkan download font Ibrani di :