02 Oktober 2011

Belas Kasihan Kepada Mereka

MATIUS 15:32
Lalu Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata: "Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak itu. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar, nanti mereka pingsan di jalan."

Anda pasti mengenal yang namanya KFC. Ya KFC adalah salah satu makanan cepat saji yang menghidangkan ayam goreng khas kota Kentucky.  Tetapi bukan KFC yang saya bicarakan pada kesempatan ini tetapi, tentang orang-orang yang sedang menikmati makanan di KFC.
Pada suatu kesempatan, Tuhan menyadarkan saya tentang suatu hal yang penting di dalam prinsip hidup Kristen.  Malam itu saya sedang membuat janji untuk makan bersama dengan seorang teman direstoran cepat saji KFC.  Ketika kami ada di KFC, saya memesan 2 paket untuk makan bersama teman, tetapi saya memesan 1 porsi lebih banyak yaitu 2 ayam dan dua nasi.  Ketika kami hendak memulai makan, teman saya berkata dia tidak bisa minum soda karena sakit maag yang dideritanya.  Saya pun membelikan sebotol air mineral di kasir.  Tetapi ketika saya kembali, saya melihat ada satu bungkusan KFC diatas meja kami.  Lalu teman saya berkata, "saya minta ya 1 ayammu dan 1 nasimu untuk saya berikan kepada seseorang."  Saya pun tanpa keberatan mengatakan, "ya silahkan, tetapi untuk siapa itu? untuk temanmu? (lanjut saya bertanya)."  Tetapi teman saya tidak menjawab pertanyaan saya dan dia hanya berkata, "nanti kamu juga akan lihat dan tahu."  Lalu tanpa melanjutkan pembicaraan itu, kami pun menikmati makanan bersama.  Teman saya lebih dahulu menghabiskan makanannya dan langsung mengambil bungkusan diatas meja tadi dan keluar dari KFC.  Dalam hati, saya pun ingin tahu, sebenarnya kepada siapa teman saya itu ingin memberikan makanan tersebut.  saya coba melihat dari kaca dalam KFC, dan betapa kagetnya saya.  Ternyata teman saya memberikan makanan tersebut kepada seorang anak remaja yang sejak tadi duduk di samping KFC untuk melihat orang-orang yang sedang makan di dalam KFC.  Anak tersebut menggendong sebuah karung dibahunya dan saya mencurigai bahwa anak tersbut sangat lapar.  Setelah teman saya memberikan makanan, ia kembali ke dalam dan duduk bersama saya kembali.  Selagi menyelesaikan makanan saya berkata kepadanya, "saya tahu kepada siapa kamu memberikan makanan itu.  Saya sangat terharu dengan sikapmu yang penuh dengan belas kasihan (lanjut saya)."  Teman saya tampak terdiam dan matanya berkaca-kaca.  Saat itu saya merasakan bahwa teman saya memiliki kasih yang luar biasa terhadap orang yang berkekurangan.
Peristiwa ini mengajarkan saya pada suatu sikap yang serupa dengan sikap Yesus yang penuh dengan belas kasihan kepada orang banyak.  Seandainya Yesus masih ada di dunia ini, maka apa yang akan Yesus lakukan untuk anak yang di samping KFC tersebut? saya berpikir Dia akan digerakan oleh belas kasihan untuk menunjukkan kasih Allah yang ada dalam diri-Nya.
Diantara banyak orang yang makan bersama-sama dengan kami di KFC tersebut, hanya teman saya saja yang memiliki kepekaan untuk bisa menunjukkan kasih kepada mereka yang berkekurangan.  Saya sendiri merasa sungguh diberkati oleh sikapnya pada malam itu dan berkomitmen untuk belajar mengasihi, berbagi, dan bersyukur atas berkat yang Tuhan berikan bagi kita.
Sebenarnya kita harus hidup sama seperti Yesus yang penuh dengan belas kasihan kepada orang banyak.  Kita harus memiliki hati yang mengasihi orang lain seperti Yesus mengasihi mereka. Lakukanlah segala sesuatu untuk satu tujuan yaitu, agar kasih Allah yang ada pada kita bisa juga dirasakan oleh orang lain melalui sikap hidup kita. amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin belajar bahasa Yunani, terlebih dahulu anda harus memiliki font Yunani di dalam PC/Laptop anda untuk dapat membaca tulisan, kalimat, dan kata-kata di dalam konten "Belajar Yunani".
Font Yunani dapat anda download di :

Jika anda ingin belajar Ibrani silahkan download font Ibrani di :