27 November 2012

Kemarahan Dosa yang Menghancurkan


Kemarahan Dosa yang Menghancurkan


Kemarahan adalah salah satu emosi yang paling biasa dan paling merusak yang dikenal manusia.  Kemarahanlah yang pertama merusak keluarga, yang menyebabkan pembunuhan pertama ketika Kain menjadi marah dan membunuh adiknya, Habel.

Kejadian 4:5-7  tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.  Firman TUHAN kepada Kain: "Mengapa hatimu panas dan mukamu muram?  Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya."

Sejak saat itu kemarahan mulai merusak jutaan manusia di dunia ini, perkawinan, persahabatan, persaudaraan dan hubungan lainnya.  Dalam pandangan Alkitab kemarahan ada dalam berbagai bentuk, mungkin kita tidak menganggap diri kita sebagai orang yang pemarah, padahal ada 16 deskripsi dalam Alkitab yang menggambarkan kemarahan, antara lain :

Kepahitan, kedengkian, Tuntutan, iri hati, ketersinggungan, ketidaktoleransian, kritikan, pembalasan dendam, kegusaran, kebencian, hasutan, kecemburuan, serangan, gossip, sindiran tajam, tidak memaafkan.  Jika salah satu atau lebih dari hal diatas pernah terjadi dalam hidup kita berarti kita termasuk orang-orang yang memiliki kemarahan tetapi tidak kita sadari.

Efesus 4:31, “Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.”  Segala dosa yang merusak kehidupan kita harus dibuang dari kehidupan kita.

Pengertian kata ‘buang’ adalah ‘lempar; lepaskan; keluarkan’ hal-hal tersebut dari dalam hidup kita.  Terkadang kita lebih suka menyimpannya dan menikmati dosa-dosa tersebut.  Tetapi kita harus menyadari bahwa segala dosa tersebut adalah virus yang secara perlahan-lahan akan merusak kehidupan kita.  Karena itu, buang, lempar, keluarkan, dan lepaskan segala belenggu dosa itu dari hidup kita.  Mari kita perbaiki hidup kita dan bersihkan diri kita dari luka masa lalu.  Janganlah kita memiliki hobby “menyimpan dosa”, tetapi milikilah hobby “membuang dosa-dosa” lama dan hidup dalam kekudusan Tuhan.

GBU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin belajar bahasa Yunani, terlebih dahulu anda harus memiliki font Yunani di dalam PC/Laptop anda untuk dapat membaca tulisan, kalimat, dan kata-kata di dalam konten "Belajar Yunani".
Font Yunani dapat anda download di :

Jika anda ingin belajar Ibrani silahkan download font Ibrani di :