27 November 2012

KARUNIA ROH KUDUS


Ada Beberapa Karunia yang diberikan kepada setiap orang percaya ketika mereka menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat.


Kisah Para Rasul 2:38
Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Ada beberapa karunia yang dijelaskan di dalam Alkitab:

Karunia sebagai Rasul (1Korintus 12:28; Ef. 4:11)
Karunia ini diberikan untuk mendirikan jemaat dan diteguhkan dengan tanda-tanda khusus (2 Korintus 12:12; Efesus 2:20).  Karunia ini tidak diberikan Allah pada masa sekarang.  Hanya ada pada masa rasul-rasul yaitu ke-12 murid Yesus dan pada diri Paulus.
Karunia sebagai Nabi (Rm. 12:6; 1 Kor. 12:10; 14:1-40;ef. 4:11).
Karunia ini adalah karunia yang secara teknis merupakan suatu jabatan untuk menyampaikan pesan Allah kepada umat-Nya, dan menubuatkan serta meramalkan berdasarkan kebenaran yang diperoleh dari Tuhan tentang hal-hal yang akan datang.  Terakhir kali karunia ini terdapat pada zaman Perjanjian Baru, yaitu nabi Agabus Kis 11:27-28, para nabi yang ada dijemaat Anthiokia Kis. 13:1; keempat saudara perempuan filipus Kis.21:9; dan para nabi di jemaat Korintus 1 Kor. 14.  Ini juga merupakan suatu karunia untuk pendirian jemaat yang tidak diperlukan setelah masa itu.
Karunia mengadakan mujizat (1 Korintus 12:28) dan penyembuhan (1 Korintus 12:9,28,30).
Karunia ini merupakan kemampuan untuk mengadakan tanda-tanda khusus, termasuk penyembuhan secara fisik.  Paulus menggunakan karunia ini di Efesus (Efesus 19:11-12).  Karunia untuk menyembuhkan bisa dianggap sebagai suatu golongan dalam karunia untuk mengadakan mujizat-mujizat yang lebih besar.  Contoh: tindakan Paulus yang menjadikan Elimas, si tukang sihir, buta (Kis. 13:11).  Semua mujizat yang dilakukan oleh orang yang mendapat karunia penyembuhan adalah berdasarkan kuasa dari Allah dan bukan manusia itu sendiri.  Karunia mujizat diberikan oleh Tuhan untuk meneguhkan berita Injil dan kebenaran kuasa dari Yesus Kristus yang dahsyat.
Bahasa Lidah/bahasa Roh dan penafsiran bahasa lidah/bahasa roh.
Bahasa lidah merupakan kemampuan yang diberikan oleh Allah untuk berbicara dalam suatu bahasa dunia yang tidak dikenal oleh orang yang berbicara.  Penafsiran bahasa lidah merupakan kemampuan untuk meafsirkan pesan tersebut dalam suatu bahasa yang dimengerti oleh para pendengar.  Ketika seseorang berbahasa lidah dalam suatu ibadah penting sekali untuk ditafsirkan, jika tidak akan menjadi sebuah batu sandungan.  (Baca 1 Korintus 14).
Penginjilan.
Kemampuan ini untuk mengabarkan injil dengan kejelasan yang luar biasa, hal ini juga mencakup pengertian bahwa pelayanan seorang penginjil adalah berpindah-pindah tempat.  Termasuk disini adalah menjadi seorang Misionaris untuk memberitakan kabar baik.  Semua kita memang mempunyai tugas mengabarkan injil, tetapi ada pula orang-orang khusus yang hidupnya khusus untuk pergi memberitakan injil atau seorang Misionaris.
Gembala Jemaat.
Karunia ini merupakan kemampuan yang diberikan untuk mampu menggembalakan, mengurus,memelihara, dan melindungi umat Allah.  Dalam ayat 11 mengajar dihubungkan dengan menggembalakan, dan dalam Kis. 20:28 mengatur dihubungkan dengan gembala.
Melayani (Roma 12:7; I Korintus 12:28; Efesus 4:12)
Hal ini merupakan kemampuan untuk menolong atau melayani dalam arti kata yang paling luas.  Selain itu memiliki semangat yang berapi-api untuk melayani Tuhan dalam usia berapapun dan dalam kondisi apapun.
Mengajar (Rm. 12:7. 1 Kor. 12:28; Ef. 4:11)
Kemampuan untuk menjelaskan kebenaran Allah kepada jemaat tentang pengajaran-pengajaran atau yang berhubungan dengan doktrin Kristen dan yang berkaitan dengan Alkitab.
Iman (1 Kor. 12:9)
Kemampuan untuk mempercayai Allah dapat menyediakan kebutuhan yang khusus.  Setiap orang memeiliki iman kepada Tuhan, tetapi masing-masing dalam menjalani hidup memiliki juga ukuran iman yang tersendiri.  Maka itu orang yang memiliki karunia ini identik dengan iman yang kuat dalam hal apapun kepada Tuhan.
Menasehati (Rm. 12:8)
Kemampuan untuk menghibur hati dan menegur jemaat dengan bijaksana.
Membedakan Roh (1 Kor. 12:10)
Kemampuan untuk membedakan antara sumber-sumber penyataan supranatural yang benar dan palsu, termasuk untuk membedakan hal-hal yang dari roh Tuhan atau dari iblis.
Menunjukan kemurahan (Rm. 12:8)
Karunia ini mencakup pemberian pertolongan secara khusus kepada orang-orang yang berkekurangan dan lemah.  Mudah untuk menunjukan kemurahan dan tidak penuh kesombongan.
Memberi (Rm. 12:8)
Kemampuan untuk memberikan bantuan secara real atau dengan finansialnya kepada orang-orang yang membutuhkan, tetapi dengan penuh kemurahan hati serta tidak mengharapkan kembali.
Memimpin (Rm. 12:8; 1 Kor. 12:28)
Kemampuan untuk memimpin atau memerintah dengan karakter Kristus.
Hikmat dan pengetahuan (1 Kor. 12:8)
Kemampuan untuk memahami dan menyampaikan kebenaran Allah kepada umat-Nya.  Berkhimat seperti salomo dalam menyelesaikan masalah dan memiliki pengetahuan yang baik tentang firman Tuhan.
Coba refleksi diri anda, kira-kira karunia mana yang anda miliki sekarang yang telah anda dapatkan melalui karya Roh Kudus.  Gunakan semua karunia itu untuk melayani Tuhan dan bukan untuk kesombongan.  GBU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin belajar bahasa Yunani, terlebih dahulu anda harus memiliki font Yunani di dalam PC/Laptop anda untuk dapat membaca tulisan, kalimat, dan kata-kata di dalam konten "Belajar Yunani".
Font Yunani dapat anda download di :

Jika anda ingin belajar Ibrani silahkan download font Ibrani di :