API DI LEBAK BEN-HINOM[1]
Lembah yang terletak di sebelah Selatan dan Barat kota Yerusalem.
Lembah itu dimulai dari kolam Mamilla, berbelok mengelilingi bukit di
Barat-Daya Yerusalem dan berakhir masuk ke lembah Kidron. Sebuah batas
topografi yang jelas tidak mungkin dapat diberikan. Menurut Yos
15:8; 18:16 ~LH dijadikan batas antara Yuda dan Benyamin. Kalau begitu
~LH hanya merupakan bagian selatan lembah itu. --~LH diduga menjadi tempat
kebaktian --> Molokh sejak zaman purba. Di dalam kebaktian itu orang
membakar anak-anak (Yer
7:31-32; 19:5-6). Yosia (2Raj 23:10)
"menajiskan" tempat kebaktian Tofet, agar korban-korban itu
dihentikan. Di dalam kebaktian Molokh itu Ahas (2Taw 28:3) dan Manasye (2Taw 33:6) pernah
mengikutinya. Nama tempat itu makin menjadi tanda untuk mengungkapkan tempat
hukuman dan tempat putusan Allah (: gehenna), karena kengerian kurban itu dan
karena kutuk yang diucapkan Yeremia atas lembah itu (Yer
7:32; 19:6)
Suatu lembah di luar Yerusalem. Jalan menuju *Betlehem melalui
lembah itu. Pada suatu ketika, di sana *anak-anak dikorbankan kepada Dewa
*Molokh (Yer.
7:31) dan kemudian hari menjadi tempat pembakaran sampah. Karena itu,
lembah ini menjadi gambaran *neraka (Hades), tempat kutukan dan pemusnahan
orang-orang fasik (Mat. 18:8-9, catatan
pinggir NRSV).
Strongs #3434:
[maskulin] Molokh (dewa Kanaan)
Molokh. (Bhs. Semit: Raja).
Suatu dewa Semit. (Barangkali
dewa kesuburan tanah). ~M telah dibuktikan telah dipuja sejak abad 20/21.
Pemujaan dewa ~M memperoleh pengaruh yang lebih besar lagi di Isr. (2Raj 23:10; Yer
32:35) oleh kemajuan yang dicapai bangsa Asyur pada abad 8/7: Korban anak
di lembah Kidron/Hinon (2Raj 16:3; 17:17; 2Taw 33:6; Yeh
16:21). Pada waktu sebelumnya ia rupanya sudah dikenal di Isr. (bdk.: Kej
22:1-24; Hak
11:30-40). Larangan ibadat terhadapnya (Im
18:21; 20:2-5). Nama-nama pribadi dengan unsur ~M membuktikan, bahwa
perluasan pemujaan terhadapnya berkembang sampai di daerah Malta dan Sardinia.
TB- Dewa sembahan bani Amon
(bandingkan Milkom --> 20423) yang kepadanya dipersembahkan anak-anak sebagai korban, juga di
Yerusalem (2Raj 23:10; bandingkan Kis
7:43).
BIS- Nama dewa orang Semitis.
Penyembahan kepadanya ditandai dengan pengorbanan anak-anak di dalam api oleh
orang tua mereka.
Dewa yang kepadanya dikorbankan
anak-anak sebagai persembahan di Tofet, dekat Yerusalem; adat musyrik ini
dikutuk (Im.
18:21; 2Raj. 23:10; Yer.
32:35). Ternyata reformasi *Yosia tidak mampu memusnahkan sisa keagamaan
kafir orang *Kanaan ini.
Ilah yg disembah oleh bangsa
Amon. Bentuk Ibrani nama ini ialah Molek. Beberapa penafsir menyarankan bahwa
huruf mati Ibrani dari kata melekh, artinya 'raja', dan huruf hidup dari kata
bosyet, 'malu', digabungkan membentuk kata Ibrani molekh, untuk mengungkapkan
kekejian terhadap ilah bangsa lain itu. Kata Ibrani molekh (LXX molokh) mungkin
dihubungkan kepada kata Fenisia-Kartago molok, yg dikenal pada tulisan ukir
dari thn 400-150 sM, dan terdapat sebagai molc dalam tulisan ukir Latin dari
Kartago kr thn 200 M (W. F Albright, Archaeology and the Religion of Israel,
1953, hlm 162 dst). Ilah itu dihubungkan dengan muluk, yg disembah di Mari kr
thn 1800 sM, dan malik, yg ada dalam naskah-naskah Akad, dan tampil dalam bentuk
majemuk Adramelekh dan Anamelekh dalam 2 Raj 17:31. Melalui akar yg sama mlk, nama
itu dihubungkan dengan Milkom dan Malkam. Dalam PL Molek umumnya mempunyai kata
sandang (Im
18:21; 20:2-5; 2 Raj 23:10; Yer
32:35), yg menyarankan bahwa kata itu mungkin merupakan kata umum bagi
'orang yg memerintah'. Yer
32:35 menunjukkan suatu
hubungan dengan Baal, yg namanya juga adalah kata biasa (bukan kata orang) dan
kepadanya, di bawah nama Baal-Melgart, orang mempersembahkan anak di Tirus.
Kebaktian kepada Molokh
dihubungkan dengan mempersembahkan kepada Molokh anak-anak, laki atau
perempuan, dalam api (Im
18:21; 20:2-5; 2 Raj 23:10; Yer
32:35; bnd 2 Raj 17:31). Praktik itu sudah terbukti
pada dokumen-dokumen dari Siria (W. F Albright, lih kitabnya yg dikutip, hlm
163).
Taurat Musa menuntut hukuman mati
terhadap seseorang yg mempersembahkan anaknya sebagai korban kepada Molokh (Im
18:21; 20:2-5). Kemudian hari, Salomo sendiri mendirikan suatu bukit
pengorbanan bagi ilah ini 'di gunung di sebelah timur Yerusalem', yaitu Bukit
Zaitun (1 Raj 11:7). Beberapa ay PL yg menyinggung
persembahan anak-anak, walaupun tidak khusus disebut kepada Molokh, dapat
dicantumkan di sini (Mzm
106:38; Yer
7:31; 19:4-5; Yeh
16:21; 23:37, 39). Raja Ahas, kr thn 730 sM, membakar anak-anaknya sebagai
korban dalam api (2 Taw 28:3), dan Manasye melakukan kekejian
yg sama (2 Raj 21:6). Samaria dihukum karena dosa
ini (2 Raj 17:17). Raja Yosia di Yehuda
memusnahkan bukit-bukit pengorbanan untuk dewa Molokh (2 Raj 23:10, 13). Nabi Yehezkiel masih mengutuk
perbuatan itu pada awal abad 6 (Yeh
16:20 dab; 20:26, 31; 23:37). Masa pembuangan kelihatannya
mengakhiri kebaktian ini, tapi itu terus hidup di Afrika Utara di tengah-tengah
orang Fenisia penduduk Kartago sampai ke zaman agama Kristen.
KEPUSTAKAAN. W. F Albright,
Archaeology and the Religion of Israel, 1953, hlm 162 dst; H Ringgren,
Religions of the Ancient Near East, 1973, hlm 161 dst; M Weinfeld, 'The Worship
of Molech and the Queen of Heaven', OF 4, 1972, hlm 133-154; A. R. W Green, The
Role of Human Sacrifice in the Ancient Near East, 1976, hlm 176 dst.
JAT/MHS/HAO
(1.00)
|
(0.97)
|
(0.94)
|
(0.84)
|
(0.84)
|
(0.81)
|
(0.78)
|
(0.73)
|
(0.66)
|
Mereka
mendirikan bukit-bukit pengorbanan untuk Baal di Lembah Ben-Hinom, e untuk
mempersembahkan anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan mereka kepada Molokh f sebagai
korban dalam api, sekalipun Aku tidak pernah memerintahkannya kepada mereka
dan sekalipun hal itu tidak pernah timbul dalam hati-Ku, g yakni hal
melakukan kejijikan h ini, sehingga
Yehuda tergelincir ke dalam dosa. i
|
(0.33)
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar