25 September 2011

Api Lebak Ben-Hinom


API DI LEBAK BEN-HINOM[1]

Lembah Ben-Hinom, 2Taw 28:3Yer 19:6 [Semua]
Itulah Yerusalem; Yos 10:1; [Lihat FULL. Yos 10:1]
Lembah Hinom, 2Raj 23:10Yer 7:31; 19:2 [Semua]
Orang Refaim. 2Sam 5:18,221Taw 14:9Yes 17:5 [Semua]

Lembah yang terletak di sebelah Selatan dan Barat kota Yerusalem. Lembah itu dimulai dari kolam Mamilla, berbelok mengelilingi bukit di Barat-Daya Yerusalem dan berakhir masuk ke lembah Kidron. Sebuah batas topografi yang jelas tidak mungkin dapat diberikan. Menurut Yos 15:8; 18:16 ~LH dijadikan batas antara Yuda dan Benyamin. Kalau begitu ~LH hanya merupakan bagian selatan lembah itu. --~LH diduga menjadi tempat kebaktian --> Molokh sejak zaman purba. Di dalam kebaktian itu orang membakar anak-anak (Yer 7:31-32; 19:5-6). Yosia (2Raj 23:10) "menajiskan" tempat kebaktian Tofet, agar korban-korban itu dihentikan. Di dalam kebaktian Molokh itu Ahas (2Taw 28:3) dan Manasye (2Taw 33:6) pernah mengikutinya. Nama tempat itu makin menjadi tanda untuk mengungkapkan tempat hukuman dan tempat putusan Allah (: gehenna), karena kengerian kurban itu dan karena kutuk yang diucapkan Yeremia atas lembah itu (Yer 7:32; 19:6)
Suatu lembah di luar Yerusalem. Jalan menuju *Betlehem melalui lembah itu. Pada suatu ketika, di sana *anak-anak dikorbankan kepada Dewa *Molokh (Yer. 7:31) dan kemudian hari menjadi tempat pembakaran sampah. Karena itu, lembah ini menjadi gambaran *neraka (Hades), tempat kutukan dan pemusnahan orang-orang fasik (Mat. 18:8-9, catatan pinggir NRSV).

Strongs #3434:

[maskulin] Molokh (dewa Kanaan)
Molokh. (Bhs. Semit: Raja).
Suatu dewa Semit. (Barangkali dewa kesuburan tanah). ~M telah dibuktikan telah dipuja sejak abad 20/21. Pemujaan dewa ~M memperoleh pengaruh yang lebih besar lagi di Isr. (2Raj 23:10; Yer 32:35) oleh kemajuan yang dicapai bangsa Asyur pada abad 8/7: Korban anak di lembah Kidron/Hinon (2Raj 16:3; 17:17; 2Taw 33:6; Yeh 16:21). Pada waktu sebelumnya ia rupanya sudah dikenal di Isr. (bdk.: Kej 22:1-24; Hak 11:30-40). Larangan ibadat terhadapnya (Im 18:21; 20:2-5). Nama-nama pribadi dengan unsur ~M membuktikan, bahwa perluasan pemujaan terhadapnya berkembang sampai di daerah Malta dan Sardinia.
TB- Dewa sembahan bani Amon (bandingkan Milkom --> 20423) yang kepadanya dipersembahkan anak-anak sebagai korban, juga di Yerusalem (2Raj 23:10; bandingkan Kis 7:43).
BIS- Nama dewa orang Semitis. Penyembahan kepadanya ditandai dengan pengorbanan anak-anak di dalam api oleh orang tua mereka.

Dewa yang kepadanya dikorbankan anak-anak sebagai persembahan di Tofet, dekat Yerusalem; adat musyrik ini dikutuk (Im. 18:21; 2Raj. 23:10; Yer. 32:35). Ternyata reformasi *Yosia tidak mampu memusnahkan sisa keagamaan kafir orang *Kanaan ini.
Ilah yg disembah oleh bangsa Amon. Bentuk Ibrani nama ini ialah Molek. Beberapa penafsir menyarankan bahwa huruf mati Ibrani dari kata melekh, artinya 'raja', dan huruf hidup dari kata bosyet, 'malu', digabungkan membentuk kata Ibrani molekh, untuk mengungkapkan kekejian terhadap ilah bangsa lain itu. Kata Ibrani molekh (LXX molokh) mungkin dihubungkan kepada kata Fenisia-Kartago molok, yg dikenal pada tulisan ukir dari thn 400-150 sM, dan terdapat sebagai molc dalam tulisan ukir Latin dari Kartago kr thn 200 M (W. F Albright, Archaeology and the Religion of Israel, 1953, hlm 162 dst). Ilah itu dihubungkan dengan muluk, yg disembah di Mari kr thn 1800 sM, dan malik, yg ada dalam naskah-naskah Akad, dan tampil dalam bentuk majemuk Adramelekh dan Anamelekh dalam 2 Raj 17:31. Melalui akar yg sama mlk, nama itu dihubungkan dengan Milkom dan Malkam. Dalam PL Molek umumnya mempunyai kata sandang (Im 18:21; 20:2-5; 2 Raj 23:10; Yer 32:35), yg menyarankan bahwa kata itu mungkin merupakan kata umum bagi 'orang yg memerintah'. Yer 32:35 menunjukkan suatu hubungan dengan Baal, yg namanya juga adalah kata biasa (bukan kata orang) dan kepadanya, di bawah nama Baal-Melgart, orang mempersembahkan anak di Tirus.
Kebaktian kepada Molokh dihubungkan dengan mempersembahkan kepada Molokh anak-anak, laki atau perempuan, dalam api (Im 18:21; 20:2-5; 2 Raj 23:10; Yer 32:35; bnd 2 Raj 17:31). Praktik itu sudah terbukti pada dokumen-dokumen dari Siria (W. F Albright, lih kitabnya yg dikutip, hlm 163).
Taurat Musa menuntut hukuman mati terhadap seseorang yg mempersembahkan anaknya sebagai korban kepada Molokh (Im 18:21; 20:2-5). Kemudian hari, Salomo sendiri mendirikan suatu bukit pengorbanan bagi ilah ini 'di gunung di sebelah timur Yerusalem', yaitu Bukit Zaitun (1 Raj 11:7). Beberapa ay PL yg menyinggung persembahan anak-anak, walaupun tidak khusus disebut kepada Molokh, dapat dicantumkan di sini (Mzm 106:38; Yer 7:31; 19:4-5; Yeh 16:21; 23:37, 39). Raja Ahas, kr thn 730 sM, membakar anak-anaknya sebagai korban dalam api (2 Taw 28:3), dan Manasye melakukan kekejian yg sama (2 Raj 21:6). Samaria dihukum karena dosa ini (2 Raj 17:17). Raja Yosia di Yehuda memusnahkan bukit-bukit pengorbanan untuk dewa Molokh (2 Raj 23:10, 13). Nabi Yehezkiel masih mengutuk perbuatan itu pada awal abad 6 (Yeh 16:20 dab; 20:26, 31; 23:37). Masa pembuangan kelihatannya mengakhiri kebaktian ini, tapi itu terus hidup di Afrika Utara di tengah-tengah orang Fenisia penduduk Kartago sampai ke zaman agama Kristen.
KEPUSTAKAAN. W. F Albright, Archaeology and the Religion of Israel, 1953, hlm 162 dst; H Ringgren, Religions of the Ancient Near East, 1973, hlm 161 dst; M Weinfeld, 'The Worship of Molech and the Queen of Heaven', OF 4, 1972, hlm 133-154; A. R. W Green, The Role of Human Sacrifice in the Ancient Near East, 1976, hlm 176 dst. JAT/MHS/HAO

(1.00)
Ia menajiskan juga Tofet a  yang ada di lembah Ben-Hinom, b  supaya jangan orang mempersembahkan anak-anaknya c  sebagai korban dalam api untuk dewa Molokh.

(0.97)
kemudian berangkatlah ke Lembah Ben-Hinom 1  r  yang di depan pintu gerbang Beling! Serukanlah di sana perkataan-perkataan yang akan Kusampaikan kepadamu!

(0.94)
Sebab itu, sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa tempat ini tidak akan disebut lagi: Tofet b  dan Lembah Ben-Hinom, c  melainkan Lembah Pembunuhan. d 

(0.84)
Ia membakar juga korban di Lebak Ben-Hinom k  dan membakar anak-anaknya l  sebagai korban dalam api 1 , sesuai dengan perbuatan keji m  bangsa-bangsa yang telah dihalaukan TUHAN dari depan orang Israel.

(0.84)
Mereka telah mendirikan bukit pengorbanan yang bernama Tofet s  di Lembah Ben-Hinom 1  t  untuk membakar anak-anaknya lelaki dan perempuan, u  suatu hal yang tidak pernah Kuperintahkan dan yang tidak pernah timbul dalam hati-Ku. v 

(0.81)
Bahkan, ia mempersembahkan anak-anaknya t  sebagai korban dalam api di Lebak Ben-Hinom; ia melakukan ramal, telaah dan sihir, dan menghubungi para pemanggil arwah u  dan para pemanggil roh peramal. v  Ia melakukan banyak yang jahat di mata TUHAN, sehingga ia menimbulkan sakit hati-Nya.

(0.78)
Sebab itu, sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa orang tidak akan mengatakan lagi "Tofet" dan "Lembah Ben-Hinom", melainkan "Lembah Pembunuhan w "; orang akan menguburkan x  mayat di Tofet karena kekurangan tempat,

(0.73)
Selanjutnya batas itu turun ke ujung pegunungan yang di tentangan lebak Ben-Hinom, di sebelah utara lembah orang Refaim; u kemudian turun ke lebak Hinom, v  sepanjang lereng gunung Yebus, ke selatan, kemudian turun ke En-Rogel. w 

(0.66)
Mereka mendirikan bukit-bukit pengorbanan untuk Baal di Lembah Ben-Hinom, e  untuk mempersembahkan anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan mereka kepada Molokh f  sebagai korban dalam api, sekalipun Aku tidak pernah memerintahkannya kepada mereka dan sekalipun hal itu tidak pernah timbul dalam hati-Ku, g  yakni hal melakukan kejijikan h  ini, sehingga Yehuda tergelincir ke dalam dosa. i 

(0.33)
Kemudian batas itu naik ke lembah Ben-Hinom, n  di sebelah selatan sepanjang lereng gunung Yebus, o  itulah Yerusalem; p kemudian batas itu naik ke puncak gunung yang di seberang lembah Hinom, q  di sebelah barat, di ujung utara lembah orang Refaim.r 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin belajar bahasa Yunani, terlebih dahulu anda harus memiliki font Yunani di dalam PC/Laptop anda untuk dapat membaca tulisan, kalimat, dan kata-kata di dalam konten "Belajar Yunani".
Font Yunani dapat anda download di :

Jika anda ingin belajar Ibrani silahkan download font Ibrani di :