11 September 2011

NAZARET


Nazaret
Nazaret merupakan sebuah kota, dan itu kesaksian itu ditulis oleh ke-4 Injil dan dalam kitab Kisah Para Rasul sebanyak 29 kali.  Nazaret berasal dari bahasa Yunani “ναζαρετ”,  Yesus sering dituliskan berasal dari kota Nazaret.  Kota Nazaret memang tidak dituliskan di dalam kitab Perjanjian Lama (PL), dan hanya dapat ditemukan dalam kitab Perjanjian Baru (PB).  Terdapat beberapa pandangan yang berbeda tentang Nazaret, hal ini dapat ditemukan ketika membaca http://www.sarapanpagi.org/nazareth-yang-ditulis-alkitab-sebenarnya-tidak-ada-vt2273.html.com.  Singkatnya pandangan ini menyatakan bahwa Nazaret yang dituliskan oleh Injil Kanonik sebenarnya tidak ada di dunia ini dan itu hanyalah sebuah kebohongan yang diumbar oleh umat Kristen. 
                Tetapi Alkitab adalah firman Allah 2 Timotius 3:16 “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.”  Alkitab merupakan firman Allah dan apa yang dituliskan oleh Penulis Alkitab semuanya adalah kebenaran.  Kota Nazaret adalah kota yang benar-benar ada di zaman dulu dan beberapa hal mendukung tentang adanya kota tersebut.
Letak Kota Nazaret.
Kota Nazaret berada di daerah Galilea, kota ini tidak memiliki penduduk yang banyak.  Namun dapat disebut sebagai sebuah Kota oleh orang-orang yang hidup pada zaman itu.
“Daerah Galilea-Bawah berada pada jalur utama gerak kehidupan Israel pada zaman PB, yakni zaman pemerintahan Romawi menegakkan keamanan. Bahkan sesudah zaman itupun, Seforis, yang terletak sedikit diutara Nazaret, merupakan kota utama daerah itu. Nazaret memang terletak cukup dekat dengan beberapa jalur perdagangan terpenting untuk hubungan yang gampang dengan dunia luar. Tapi letaknya sebagai kota terdepan di perbatasan selatan Zebulon yang mengawasi daratan Esdraelon, mengakibatkan kedudukannya agak terpencil, dan tidak dipandang penting.
Menurut pakar dalam area ini, Nazaret dideskripsikan sebagai tempat yang sangat kecil sekitar 60 akre, dengan populasi sekitar 480 orang pada abad 1 Masehi. Hal ini dibuktikan oleh penemuan arkeologis yang menemukan suatu daftar ketika Yerusalem dan Bait Suci runtuh tahun 70 M, menimbulkan para imam tak lagi dibutuhkan di Bait Suci, oleh karena itu mereka diutus ke berbagai lokasi lainnya, bahkan sampai Galilea.”[1]
Kemungkinan karena dari zaman dulu orang sangat tidak menganggap penting kota ini, sehingga sampai saat ini kota nazaretpun sulit untuk diungkapkan keberadaannya secara geografis.  Nazaret terletak diantara lembah yang berada 370m diatas permukaan laut di dataran Esdraelon.
Image Yang Buruk Tentang Nazaret
                Pandangan atau Image yang buruk tentang Nazaret terungkap ketika Natanael dalam Yohanes 1:46 mengatakan “katanya. "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari sana?". Kemungkinan mengapa Natanael berkata demikian adalah Nazaret merupakan kota yang pada waktu itu dipandang oleh orang-orang Yahudi sebagai kota yang terbelakang dengan keadaan ekonomi penduduknya yang rendah.  Sehingga mustahil Nazaret sebagai sebuah kota dapat memberikan kebaikan kepada umat manusia. Orang-orang di Nazaret sangat kampungan dengan gaya bahasa yang totok, sehingga mereka dipandang sebagai orang yang rendah dan tidak penting bagi orang-orang pada zaman itu.
                Sebenarnya kota Nazaret bukan hanya dituliskan dalam Alkitab, tetapi Al-Quran pun menuliskan Yesus dari Nazaret.  Ketika banyak pandangan umat muslim yang menentang keberadaan Nazaret dalam Alkitab, sebenarnya mereka juga menentang Kitab mereka sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin belajar bahasa Yunani, terlebih dahulu anda harus memiliki font Yunani di dalam PC/Laptop anda untuk dapat membaca tulisan, kalimat, dan kata-kata di dalam konten "Belajar Yunani".
Font Yunani dapat anda download di :

Jika anda ingin belajar Ibrani silahkan download font Ibrani di :