07 Agustus 2011

Sintaks Ibrani Kata Kerja Perfect


Sintaks Ibrani Kata Kerja Perfect 
Perfect Tense
Suatu ?perfect tense,? atau ?suffixed conjugation?, harus dilihat untuk bentuk tindakan yang diwakilinya. Baik ?perfect? dan ?tense? lebih merupakan sebutan yang nyaman bukannya akurat. Tapi bentuk tindakan yang direfleksikan perfect adalah tindakan yang lengkap, apakah dimasa lalu, sekarang atau masa depan. Pelajar pemula belajar untuk menerjemahkan perfect sebagai sebuah simple past tense. Sekarang kita membagi penggunaannya antara yang ?aoristic? (lengkap, past tense, atau point action) dan yang lebih ?perfective? (dengan penekanan pada hasil yang berlanjut).
Perhatikan: wayyipqod membentuk kata kerja, yang disebut imperfect atau preterite dengan waw consecutive, dimasukan dalam bagian ini. Didalam narasi bentuk ini paling sering merupakan definite past, yang menjadi alasan mengapa banyak yang lebih memilih menyebut bentuk itu preterite dengan waw consecutive. Tapi jika bentuk itu mengikuti sebuah perfect tense dengan nuansa lain, maka itu bisa mengambil nuansa yang sama dari bentuk pertama untuk terjemahannya. Dibeberapa tempat, terutama puisi, preterite bisa terlihat sama sekali tidak memiliki waw (dibagian dimana itu bukan regular imperfect); konteksnya akan menentukan bagaimana itu harus diterjemahkan ?biasanya sebuah past tense.
Menurut saya fakta bahwa ?preterite? memiliki arti lain menjadi alasan untuk tidak menyebutnya sebuah preterite; terjemahan non-preterite berasal dari konstruksi sintaktikal dari urutan waw dalam konteks. Untuk bentuk lain, perfect dengan deretan waw, kita selalu menyebutnya perfect dengan deretan waw tidak peduli bagaimana diterjemahkannya dalam konteks.
Tindakan yang Setara dengan Tindakan ?Aoristic?
1. Definite Past: Kata kerjanya menunjukan tindakan lengkap tanpa syarat lain; kategori ini biasa karena mewakili tindakan dimasa lalu.
?? and Lot also, his relative, he brought back? (Gen. 14:16).
2. Very Recent Past: suatu penggunaan khusus berhubungan dengan kategori pertama dimana konteksnya menunjukan kalau tindakannya baru saja terjadi.
?What have you done? (just now [Gen. 4:10])
3. Constative: tindakannya dimasa lalu, tapi ekspresinya menunjukan kalau tindakan itu meliputi suatu periode waktu. Penggunaan ini tidak begitu umum.
?Twelve years they served Chedorlaomer? (Gen. 14:4).
4. Ingressive: kata kerjanya merujuk pada permulaan suatu keadaan (diterjemahkan dengan ?became?). Ini juga penggunaan yang jarang.
?the man ? went forth and grew until he became great (Gen. 26:13).
5. Indefinite Past: pembicara merujuk pada tindakan dimasa lalu tanpa mendefinisi keadaan tertentu.
?I have seen the wicked in great power? (Ps. 37:35)
6. Unique Past: keunikan tindakan ditekankan oleh penulis.
?Who has [ever] heard anything like this?? (Isa. 66:8)
7. Gnomic Perfect: kata kerjanya menunjukan suatu kebenaran umum atau universal, benar dimasa lalu, sekarang, dan masa depan.
?An ox knows it master? (Isa. 1:3).
8. Characteristic Perfect: tindakan itu merupakan karakteristik seseorang dimasa lalu dan dimasa kini, tapi tidak dimasa yang akan datang.
?Why do the nations rage?? (Ps. 2:1).
9. Instantaneous Perfect: tindakannya sedang terjadi saat pembicaraan terjadi (jarang).
?I raise my hand [here and now] (Gen. 14:22).
10. Potential Perfect: kata kerjanya menunjukan tindakan yang dianggap sebagai potensi (sangat jarang).
?What can the righteous do?? (Ps. 11:4).
11. Epistolary Aorist: kata kerjanya menunjukan pengiriman untuk sesuatu yang dikirim (sangat jarang).
?See, I am sending to you? (1 Kings 15:19).
Tindakan Setara dengan Tindakan ?Perfective?
12. Present Perfect: tindakannya memasukan definite past tapi juga keadaan yang dipengaruhi oleh tindakan. (Dalam bahasa Inggris tense ini dibentuk oleh present tense Inggris dari auxiliary atau helping verb).
?For you have comforted me? (Ruth 2:13).
13. Past Perfect: tindakan dari kata kerja lebih dahulu dari tindakan dimasa lalu dari kata kerja sebelumnya. (Dalam bahasa Inggris ini dibentuk dengan past tense dari auxiliary verb).
?Jacob did not know that Rachel had stolen them? (Gen. 31:32)
14. Future Perfect: tindakan dari kata kerjanya lebih dahulu dari tindakan dimasa yang akan datang. (Dalam bahasa Inggris ini dibentuk dengan future tense dari auxiliary verb).
?I shall not leave you until I shall have done? (Gen. 28:15).
15. Adjectival Perfect: kata kerjanya merupakan pure stative verb, diterjemahkan sebagai suatu predicate adjective.
?For I am too old for a husband to have? (Ruth 1:12).
16. Stative, Transitive Perfect: kata kerjanya bisa statis atau transitif.
?your only son, whom you love? (Gen. 22:2)
17. Prophetic Perfect: kata kerjanya menggambarkan kepastian suatu peristiwa yang akan datang sepertinya sudah dilakukan (karena ?seer/pelihat? telah melihatnya). Ini juga disebut perfect of confidence dalam bagian yang mengekspresikan kepercayaan yang kuat.
?For unto us a child was born? (Isa. 9:6).
18. Perfect of Resolve: kata kerjanya mengekspresikan determinasi atau ketetapan hati seseorang; hasilnya tidak pasti (tidak seperti # 17).
?Naomi [has decided to] sell? (Ruth 4:3).
19. Hypothetical Perfect: kata kerjanya menunjukan suatu kondisi yang berlawanan dengan fakta (an optative); ini sangat jarang digunakan.
?If I said I have hope? (Ruth 1:12).

1 komentar:

Jika anda ingin belajar bahasa Yunani, terlebih dahulu anda harus memiliki font Yunani di dalam PC/Laptop anda untuk dapat membaca tulisan, kalimat, dan kata-kata di dalam konten "Belajar Yunani".
Font Yunani dapat anda download di :

Jika anda ingin belajar Ibrani silahkan download font Ibrani di :