25 Juli 2011

KESELAMATAN anda bisa HILANG atau TIDAK?


Ev. Frengky Baganu

Tidak dapat dipungkiri bahwa ada sebagian golongan yang mengatakan bahwa keselamatan yang diperoleh oleh orang percaya itu dapat hilang dan ada juga yang menyatakan bahwa keselamatan orang percaya itu tidak dapat hilang.
Anda  berada digolongan yang mana dan BAGAIMANA MENURUT ANDA?
Charles C. Ryrie mangatakan, “Tetapi semua dosa mempunyai kemampuan yang dapat menyebabkan kita kehilangan keselamatan kita jika tidak ada pembelaan yang terus-menerus dari Tuhan Yesus yang menggagalkan dakwaan yang terus menerus dari musuh kita, si setan.”[1]  Dengan pernyataan ini, Charles C. Ryrie mendukung secara tidak langsung bahwa keselamatan orang percaya itu dapat hilang seiring dengan perjalanan hidup orang tersebut.
Sebagai penganut KRISTEN non BLOK penulis memiliki pandangan sendiri tentang KESELAMATAN atau HIDUP KEKAL.  Penulis memandang bahwa KESELAMATAN itu TIDAK DAPAT HILANG oleh apapun.  Mengapa demikian?
Kita harus menyadari terlebih dahulu tentang konsep dari HIDUP KEKAL.  Hidup kekal adalah ANUGERAH dari TUHAN Allah.  Yohanes 3:16, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”  Anugerah keselamatan diberikan kepada manusia yang berdosa (Roma 3:23).  Melalui kematian Yesus Kristus jalan menuju kepada kehidupan yang kekal itu sudah terbuka.  Yohanes 14:6, “Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”  Perlu diketahui juga bahwa, Inisiatif utama dari Anugerah keselamatan bagi manusia berdosa berpusat pada “KASIH ALLAH”.  “Pernyataan bahwa, begitu besar kasih Allah akan dunia ini menunjukkan bahwa sasaran kasih Allah adalah universal meliputi segenap umat manusia.  Ungkapan dari kasih itu adalah dalam bentuk korban.”[2]  Kasih Allah adalah kasih yang “BERTINDAK” dan Allah menunjukkan kasih-Nya melalui pengorbanan Anak-Nya yang tunggal Yesus Kristus.  Jika demikian, maka hidup yang kekal dikerjakan oleh Allah sendiri tanpa campur tangan manusia.  Setiap manusia ingin menerima hidup yang kekal, tetapi hanya mereka yang PERCAYA KEPADA YESUS saja yang memperoleh keselamatan itu.  “Percaya (Yun. Pisteuo) mengandung tiga unsur utama: (a) Keyakinan yang kokoh bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah dan satu-satunya juruselamat umat manusia yang hilang.  (b) persekutuan yang menyangkal diri dan ketaatan kepada Kristus dan (c) kepercayaan penuh di dalam Kristus bahwa Ia mampu dan bersedia menuntun saudara hingga keselamatan yang kekal dan persekutuan dengan kasih Allah di sorga.”[3]  Tetapi kita mesti mengetahui kembali bahwa KESELAMATAN itu ANUGERAH dan diterima oleh orang percaya oleh karena ANUGERAH.  Dengan demikian tidak ada sedikit pun jasa manusia di dalam memperoleh keselamatan, bahkan untuk dapat percaya kepada INJIL merupakan pekerjaan Allah ROH KUDUS.  Jika seseorang dapat meresponi INJIL dengan benar, hal itu terjadi karena Allah Roh Kudus memberikan kemampuan kepada orang itu untuk dapat percaya kepada KRISTUS. 
Mengapa manusia tidak dapat meresponi keselamatan?
Oleh karena manusia berdosa dan tidak dapat mengenal Allah dengan benar, mata mereka dibutakan oleh dosa.  II Korintus 4:4, “yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.”  Jika manusia dapat meresponi INJIL maka sesungguhnya keselamatan itu sampai kepada manusia oleh karena adanya kerjasama antara Allah dan manusia.  Dengan demikian HIDUP KEKAL itu tidak murni hanya pekerjaan TUHAN, tetapi juga oleh karena manusia telah mampu untuk merespon dengan benar tanpa bantuan dari Allah. 
Efesus 2:8-9, “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.”  Semata-mata oleh karena kasih karunialah orang dapat percaya kepada Yesus Kristus dan memperoleh Hidup yang kekal.  Karena itu, keselamatan adalah murni pekerjaan TUHAN dan dari banyaknya manusia di dunia Ia telah memilih kepada siapa Dia akan memberikan keselamatan itu.  Efesus 1:4, “Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.”.  Jika demikian maka, Keselamatan seseorang tidak dapat HILANG oleh karena Allah telah memilih orang tersebut untuk dapat percaya dan menerima anugerah keselamatan melalui Yesus. 
1 Petrus 3:18, “Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh”.  Allah TIDAK SALAH MEMILIH kepada siapa IA memberikan keselamatan tersebut dan kepada siapa Ia memberikan kemampuan untuk dapat merespon dengan benar dan percaya.  Sebab KEMATIAN Yesus satu kali dan untuk selamanya bagi manusia yang berdosa.  Apapun tidak dapat membatalkan KESELAMATAN dari ALLAH, sebab Allah yang memberikan-Nya. 
Efesus 1:13,14, “Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.  Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.”  Ketika seseorang percaya ia dimateraikan oleh ROH KUDUS.   Dimateraikan berasal dari bahada Yun. “espragistheste” dalam bentuk “verb indicative aorist passive 2nd person plural from sphragizo”.  Sphragizo berarti menyegel (agar aman atau tertutup); menandai dengan segel atau mensahkan dengan segel;mengakui”.[4]  Ketika orang percaya, maka ia di SEGEL oleh  ROH KUDUS sebagai tanda “MILIK TUHAN”.  Bentuk Passive menunjukkan bahwa manusia tidak memiliki jasa dalam “ANUGERAH” hidup kekal yang TUHAN berikan kepda-Nya.  ROH KUDUS tidak pernah salah “MENYEGEL” seseorang sebagai orang percaya, sehingga MUSTAHIL keselamatan itu dapat hilang???. 
ROH KUDUS juga adalah JAMINAN hidup kita untuk tetap berada dalam jalur ANUGERAH ALLAH.  Jaminan berasal dari bahasa Yun. “arrabon” dalam bentuk noun nominative masculine singular common.  “arrabon” berarti panjar atau jaminan.  Jaminan berarti, “tanggungan atas pinjaman yg diterima” dan menjamin berarti, “menanggung (tt keselamatan, ketulenan, kebenaran dr orang, barang, harta benda, dsb) atau berjanji akan memenuhi kewajiban (membayar utang dsb) orang lain yg membuat perjanjian apabila perjanjian itu tidak ditepati”.[5]  ROH KUDUS adalah jaminan selama kita ada di dunia ini sampai kepada kita akan memperoleh keselamatan yang telah ALLAH BAPA janjikan, di dalam YESUS KRISTUS.  Dengan demikian keselamatan tidak mungkin dapat hilang dari kehidupan orang yang percaya, sebab Allah tidak pernah salah memberikan JAMINAN kepada orang yang percaya.
Keselamatan dapat hilang merupakan suatu istilah semata bagi penulis.  Istilah yang sebenarnya layak diberikan bagi mereka yang sebenarnya tidak memiliki keselamatan, namun hidup dalam lingkungan Kristiani, mengaku percaya, namun tidak memiliki MATERAI dan JAMINAN ROH KUDUS.  Sehingga dapat dengan mudah menyangkal imannya, berpindah agama dan tindakan lainnya yang menyangkal iman Kristiani.
Keselamatan tidak akan dapat anda HILANGKAN, sebab itu adalah ANUGERAH dari ALLAH dan ALLAHlah yang bekerja untuk menyelamatkan anda dari hukuman kekal.



[1] Charles C. Ryrie, Teologi Dasar 1, 196.
[2] Tafsiran Alkitab Masa Kini III, 286.
[3] Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan, 1704.
[4] PBIK Jilid II, 739.
[5] KBBI, Jaminan dan Menjamin.

3 komentar:

  1. Jd keselamatan bkn Anugrah? Ada udang dibalik batu ceritanya ya? Mirip dng agama lain dong soalnya hrs berusaha membayar keselamatan (tanggungan)yg kita pinjam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba disimak kembali apa yang saya sampaikan, bahwa keselamatan merupak anugerah Tuhan dan bukan pekerjaan manusia.

      Hapus
  2. Shalom Pak. saya mau tanya, kalau orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristu. kemudian pinda ke agama Islam atau agama lain, apakah keselamatan orang tersebut akan hilang atau tidak?

    trima kasih.

    BalasHapus

Jika anda ingin belajar bahasa Yunani, terlebih dahulu anda harus memiliki font Yunani di dalam PC/Laptop anda untuk dapat membaca tulisan, kalimat, dan kata-kata di dalam konten "Belajar Yunani".
Font Yunani dapat anda download di :

Jika anda ingin belajar Ibrani silahkan download font Ibrani di :